Friday, October 07, 2005

satu malam, saya berjalan hendak kembali ketika saya melihat sekelompok anak-anak dan remaja putri yang sedang berjalan menuju ke satu tempat. mereka tampak riang bercanda bersama sambil berjalan ringan. dari pendaran lampu jalan tampak kerudung putih yang dikenakan menutup kepala atau disampirkan di bahu beberapa remaja putri, sementara si anak-anak juga melakukan hal yang sama.

lambat laun, kaki saya melangkah makin mendekat dengan mereka dan suara percakapan makin terdengar oleh telinga saya.

karena jalan yang sempit dan melihat seseorang yang berjalan berlawanan arah dengan mereka, beberapa dari mereka berhenti bercakap dan bersiap untuk membagi jalan dengan saya.

"selamat berpuasa ya, adik-adik dan mbak-mbak, mohon maaf lahir dan batin," kata saya sambil berhenti sejenak. tidak menyangka akan ucapan saya, mereka kaget dan terdiam untuk kemudian salah satu yang tertua dari mereka menjawab, "terima kasih, kak... mohon maaf lahir dan batin juga," diikuti oleh ucapan yang sama dari beberapa anak dan remaja putri sambil tertawa dan kemudian melanjutkan perjalanan mereka dengan riang.

saya kembali melangkah menuju rumah menyusuri pendaran temaram di jalan yang sempit sambil tersenyum di dalam hati.

saya memang bukan seseorang yang menjalankan ibadah puasa, tapi memberi kedamaian di hati saya untuk memohon maaf lahir dan batin dan mengucapkan selamat beribadah puasa bagi teman-teman semua yang menjalankan ibadah puasa.

ketika saya memasuki rumah dan membuka pintu, dari langgar di dekat rumah saya, sayup-sayup terdengar kumandang orang bersholat tarawih. malam itu, adalah malam yang akan menyambut bulan Ramadhan keesokan harinya.

selamat berpuasa dan mohon maaf lahir dan batin. semoga damai selalu menyertai kita semua. amin.

8 Comments:

Blogger AstraDewangga said...

bulan Ramadhan yang hanya datang sekali setahun memang sangat istimewa bagi umat islam. di bulan ini makna kebersamaan lebih terasa, lebih adem (kan nahan marah), lebih tenang, gak terlalu macet, lebih irit ;p. i wonder, knapa gak setiap bulan aja begini ya ;p. Marhaban ya Ramadhan!

October 07, 2005 12:32 PM  
Anonymous alaya said...

makasih buat selamat puasanya ya :) mohon maaf lahir batinn...

October 10, 2005 1:44 PM  
Blogger G said...

sama2 met puasa yah :)

October 13, 2005 6:23 AM  
Anonymous atta said...

terima kasih ya kak :)

October 15, 2005 12:41 PM  
Blogger dewi said...

Makasih kak Iman :)
Terkadang kita terlalu jumawa untuk sekadar mengawali kata maaf..Mohon maaf lahir dan batin. nahh..plong rasanya :)

October 15, 2005 8:45 PM  
Anonymous ninit said...

iman kemana aja, udah lama ngga di update nih :)

October 18, 2005 8:57 PM  
Blogger Shendy said...

iman jalan-jalan kemana nih, bikin foto lagi duunk :)

October 26, 2005 1:21 PM  
Anonymous ruri said...

maaf lahir batin juga :D
sering mampir kesini tapi jarang ninggalin comment :)

October 26, 2005 3:55 PM  

Post a Comment

<< Home