Sunday, April 30, 2006


di satu hari di minggu lalu, ketika saya sedang melewati jalan rasuna said, tiba-tiba saya teringat akan sebuah puisi Indian Amerika untuk seorang ibu yang melahirkan.

before you were conceived, i wanted you
before you were born, i loved you
before you were here a minute ago,
i would die for you ...

with the heavens as witness,
i make my vows to forever
love you with all my heart ...

kemudian saya teringat akan adik dan keponakan saya. saya teringat cerita adik saya bagaimana sakitnya melahirkan masyu, bagaimana ia harus bangun subuh-subuh menyusui, menghadapi masyu yang rewel seorang diri, membawanya ke dokter kalau ia sakit dan mengasuhnya sampai akhirnya sekarang masyu menginjak masa sekolah.

apa yang adik saya lakukan ke anaknya adalah juga apa yang ibu saya lakukan ke saya. saya masih ingat ketika ibu saya membawa saya ke rumah sakit karena kenakalan saya masih kecil, merawat saya setiap kali sakit walaupun disertai omelan karena saya malas makan buah, dan bagaimana ia dengan sabar dan kasih ada di samping saya yang sedang kesakitan karena operasi usus buntu yang seharusnya berjalan hanya satu jam saja diperpanjang menjadi tiga jam.

hidup dan waktu terus berjalan detik demi detik. bayi-bayi akan lahir setiap detik, orang-orang tua akan meninggalkan dunia setiap detik pula.

tapi di tengah-tengah itu, ada sebuah ikatan batin yang kuat antara kita dan orang yang melahirkan dan menjadikan kita seperti sekarang ini. ketika kecil, kita diasuh dan dibesarkan karena kita adalah amanah Tuhan yang diberikan kepada mereka di dunia. ketika besar dan mereka menjadi tua, kita bantu mereka dengan bakti dan tulang punggung untuk memudahkan tanggung jawab mereka terhadap amanah yang diberikan itu.

ketika melewati jalan rasuna said hari senin malam kemarin, saya membawa seorang ayah yang cemas dan seorang ibu yang terduduk lemah.

ibu saya sedang sakit.

16 Comments:

Blogger AJ's Lover said...

stand up for love...

April 30, 2006 11:25 AM  
Anonymous Anonymous said...

Cepet sembuh ya buat ibunya Iman..

April 30, 2006 1:42 PM  
Anonymous Anonymous said...

semoga kesehatan ibu cepat pulih ya

May 01, 2006 12:27 PM  
Anonymous Anonymous said...

semoga cepet sembuh ya ibunya...

May 01, 2006 1:21 PM  
Anonymous Anonymous said...

Pak, ibunya sakit sudah seminggu yang lalu ya? Semoga sekarang sudah sembuh ya. Kalau belum, semoga cepat sembuh.

May 02, 2006 8:56 AM  
Blogger sLesTa said...

your words never ceased to impress me. such beautiful writing. hope your mom's gonna be okay.

May 03, 2006 8:54 AM  
Anonymous Anonymous said...

iman, mudah mudahan sakitnya nggak parah yah dan mudah mudahan lagi sekarang udah sembuh.

May 03, 2006 9:57 AM  
Anonymous Anonymous said...

semoga your mom cepet sembuh ya...jadi bisa berkumpul lagi bersama keluarga.. :)

May 05, 2006 8:45 AM  
Anonymous Anonymous said...

salam kenal ya mas
saya suka sekali bgtu liat blog ini.
nice...

May 07, 2006 5:12 PM  
Anonymous Anonymous said...

hope your mom gets well soon!

May 10, 2006 10:02 AM  
Blogger House of Covenant said...

moga cepet sembuh ya buat your Mom..

May 15, 2006 9:38 AM  
Blogger The Dodo said...

get well soon both of you. miss you.

May 25, 2006 9:10 PM  
Blogger tukangpot said...

semoga cepat sembuh untuk ibumu. senang liat poto2nya. salam kenalan!

http://setitikembumpagi.blogspot.com

May 25, 2006 10:41 PM  
Blogger rambut_putih said...

Salam kenal mas,
Buka blog ini untuk memulai hari di kantor adalah rutinitas pagi saya..;)
Baca tulisan dan mengaggumi hasil foto nya menambah sejuk pagi.
Tapi sudah sebulan ini tidak ada postingan baru. Yang membuat rutinitas saya terasa ada yang kurang :(
Ada apa dengan 'Kaca mata saya' ?

Semoga semua dalam keadaan baik2 saja, dan bisa mewarnai pagi dengan tulisan dan gambar menyejukan hati lagi.

Salam,

June 10, 2006 8:48 PM  
Blogger Pippin said...

awalnya siy cuma iseng mo cari artikel ttg ketengan otot di leher eh taunya malah nyasar ke blog ini, bagus...n cepet sembuh ya buat ibunya

kasih sayang seorang anak yang tulus bisa mengobati sakitnya, mudah2an...

July 27, 2006 3:04 PM  
Anonymous Anonymous said...

I was browsing here and there and remember that once I made a mental note to check on your blog..I've read almost all of it by now, and this particular one reminds me of our beloved grandma Polly, may she rest in peace, I can not help a huge gulp in my throat and pair of eyes quickly filled with tears..
She was a strong woman, with a soft heart..
I miss her, I bet you too..

February 05, 2009 8:50 PM  

Post a Comment

<< Home